artikel : AIR SUMBER ENERGI

by ELPURWA , at 8:45 PM , has 0 komentar

AIR SUMBER ENERGI
Oleh : Purwanto

Energi air dapat ditinjau dari 2 segi yakni: Energi kimia dan Energi fisika. Allah berfirman: 
Artinya : “Dan apakah orang-orang yang kafir tidak mengetahui bahwasanya langit dan bumi itu keduanya dahulu adalah suatu yang padu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya. Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Al-Ambiya’ : 30)
Hasil survey ilmiah: dunia terdapat air mencapai ¾ (70%) dari keseluruhannya. Air memberikan sumber energi bagi makhluk hidup di muka bumi ini:

1)    Air sebagai sumber energi bagi tumbuhan
Artinya: Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau (Qs. Al-An’am:99)
Dari ayat di atas menjelaskan betapa pentingnya air bagi tumbuhan, ketiadaan air akan melenyapkan makhluk hidup dan mikroba. Oleh sebab itulah bahan makanan pada tumbuhan terbentuk melalui reaksi oksidai: 6H2O + 6CO2                                C6H12O6
Allah berfirman:
Artinya: kemudian Dia mengeluarkan dengan air hujan itu berbagai buah-buahan menjadi rezeki untukmu(Qs. Ibrahim : 32)
Artinya : Dan menurunkan dari langit air hujan. Maka Kami tumbuhkan dengan air hujan itu berjenis-jenis dari tumbuh-tumbuhan yang bermacam-macam. (Qs. Thaahaa : 53)

2)      Air sebagai sumber energi bagi manusia dan hewan
Allah berfirman :
Artinya : 68. Maka terangkanlah kepadaku tentang air yang kamu minum 69. Kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkan? (Qs. Al-Waqi’ah : 68-69)

Al-Qur’an menetapkan bahwa air yang paling suci adalah air yang diturunkan dari langit. Artinya : dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih. (Qs. Al-Furqan : 48)

Air yang jumlahnya mencapai 70 % dari total tubuh manusia dijumpai dalam bentuk aliran di dalam tubuh.
 Air merupakan dasar utama pembentuk darah dan aliran yang mengalir di antara sel (limpa). Manusia mencukupi kebutuhan berupa air dengan cara meminumnya, mengkonsumsi bersama makanan serta apa yang ia hasilkan berupa proses oksidasi. Manusia mnyerap air di dalam usus halus dan usus besar.  Allah berfirman : 
Artinya : Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman? (Al-Ambiya’ : 30)
ELPURWA
About
artikel : AIR SUMBER ENERGI - written by ELPURWA , published at 8:45 PM, categorized as ARTIKEL . And has 0 komentar
0 komentar Add a comment
Bck
Cancel Reply
Copyright ©2013 el Purwa Blog by
Theme designed by Damzaky - Published by Proyek-Template
Powered by Blogger
-->